MODUL AJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 5 SD "PENERAPAN NORMA DALAM KEHIDUPANKU"

 

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA

PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V TP. 2025

INFORMASI UMUM

    IDENTITAS MODUL

Penyusun                                 : Aura Izzatul Jannah

Instansi                                    : SDN 05  Dharmasraya

Tahun Penyusunan                  : 2025

Jenjang Sekolah                      : Sekolah Dasar

Mata Pelajaran                        : Pendidikan Pancasila

Fase/Kelas                              : C/5

Semester                                 : I (satu)

Materi Pembelajaran               :Penerapan Norma Dalam Kehidupanku

Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit

      KOMPETENSI AWAL

1.     Peserta didik mengenali dan memahami konsep dasar norma, aturan, hak, dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari.

2.     Peserta didik mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk norma sederhana yang ada di rumah, sekolah, dan masyarakat.

3.     Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis-jenis norma yang berlaku yaitu norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan dan norma hukum.

        PROFIL PELAJAR PANCASILA

Setelah melakukan pembelajaran diharapkan peserta didik memiliki karakter:

1.      Beriman bertakwa kepada Tuhan YME

2.      Mandiri

3.      Gotong royong

4.      Bernalar kritis

      SARANA DAN PRASARANA

1.         Kurikulum merdeka Pendidikan Pancasila Kelas 5 kemendikbud tahun?

2.         Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila Kelas 5

3.         Buku Siswa Pendidikan Pancasila Kelas 5

4.         Laptop dan Proyektor

5.         LKPD

6.         Soal evaluasi dan kunci jawaban evaluasi

       JUMLAH PESERTA DIDIK

Jumlah peserta didik 20 orang peserta didik.

      TARGET PESERTA DIDIK

1.      Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

2.      Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi.

      MODEL / METODE PEMBELAJARAN

1.     Model Pembelajaran          : PBL (Problem Based Learning)

2.     Metode Pembelajaran        : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, Presentas

3.     Pendekatan Pembelajaran : Student Centered Learning, CRT (Culturally Responsive Teaching)

KOMPETENSI INTI

      CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)

Peserta didik menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk norma, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan warga negara; mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari; melaksanakan praktik musyawarah untuk membuat kesepakatan dan aturan bersama, serta menerapkannya dalam lingkungan keluarga dan sekolah.

 

       TUJUAN PEMBELAJARAN (TP)

Peserta didik dapat menjelaskan bentuk-bentuk norma dalam kedudukannya sebagai lingkunga sekolah.

      PEMAHAMAN BERMAKNA

Peserta didik dapat memahami bentuk pelaksanaan norma di kehidupan lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat serta jenis-jenis norma yang berlaku di Indonesia yaitu norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma hukum dengan mengamati lingkungan sekitar

       PERTANYAAN PEMANTIK

1.      Apa saja norma yang kamu terapkan dalam lingkungan sekolah?

2.      Siapa yang membuat norma di lingkungan sekolah?

      KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

A . Kegiatan awal (10 menit)

       1.      Peserta didik menjawab salam yang diucapkan guru dengan santun

       2.      Peserta didik melakukan doa sebelum kegiatan pembelajaran dimulai (ketua kelas memimpin doa).

     3.      Peserta didik menjawab pertanyaan pemantik yang disampaikan oleh guru

     4.      Melalukan apesepsi pembelajaran terhadap pembelajran sebelumnya

     5.      Peserta didik menyanyikan salah satu lagu wajib

     6.      Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru

     7.      Guru memberikan ice breaking “Tepuk 1 sampai 5” kepada peserta didik di kelas agar bersemangat pada saat mengikuti pelajaran

 

B . Kegiatan inti (50 menit)

Tahap 1 ( Orientasi Masalah)

1.      Guru memberikan stimulus berupa tayangan video yang menggambarkan situasi di mana norma tidak dipatuhi di lingkungan sekolah https://youtu.be/M3tVm5RON6k?si=wZrYI5U_8jO85C3f

2.      Guru mengajukan pertanyaan:

a.       “Setelah melihat video tersebut, apa yang kamu perhatikan?”

b.      “Apa yang akan terjadi jika seseorang tidak mematuhi norma sebagai warga sekolah?”

3.      Peserta didik mengamati, memahami pertanyaan dan masalah yang disampaikan guru

 

Tahap 2 ( Mengorganisirpeserta didik)

1.      Guru membagi peserta didik secara acak ke dalam kelompok (4-5 peserta didik per kelompok).

2.      Setiap kelompok diberikan masalah yang berbeda terkait dengan pelanggaran hak, kewajiban, atau norma di lingkungan keluarga, sekolah, atau masyarakat yang termuat dalam LKPD.

3.      Peserata didik menerima arahan dari guru dalam mengerjakan LKPD

 

Tahap 3 (Membimbing penyelidikan individu/ kelompok)

1.      Peserta didik secara berkelompok berdiskusi untuk menyelesaikan LKPD yang telah diberikan.

2.      Guru membimbing peserta didik untuk melakukan penyelidikan lebih mendalam terkait masalah yang diberikan:

1.)     Peserta didik mencari informasi dari buku teks atau bahan ajar yang telah disediakan oleh guru.

2.)     Peserta didik menghubungkan antara norma, hak, dan kewajiban yang mereka pelajari dengan kasus nyata yang beragam.

3.      Guru berkeliling dari satu kelompok ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap siswa terlibat dalam diskusi kelompok.

4.      Guru sebagai fasilitator yang memberikan bimbingan dalam melakukan analisis dan penyelidikan. Guru membimbing peserta didik dalam memanfaatkan konteks budaya yang mereka kenal untuk memahami kasus yang diberikan.

 

Tahap 4 (Menyajikan hasilkarya)

1.      Setiap kelompok  mempresentasikan hasil diskusinya di dean kelas secara bergantian

2.      Kelompok yang tidak tampil menyimak dam menanggapi penampilan kelompok yang tampil.

Tahap 5 (Analisis dan Evaluasi)

1.      Guru bersama peserta didik  melakukan refleksi terhadap solusi yang telah disajikan oleh tiap kelompok.

2.      Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain memberikan umpan balik dan pertanyaan untuk memperdalam pemahaman.

3.      Guru memberikan reword kepada presentasi kelompok yang paling terbaik.

4.      Guru memberikan umpan balik dan menyimpulkan hasil diskusi, mengaitkan kembali dengan tujuan pembelajaran mengenai pentingnya memahami hak, kewajiban, dan norma dalam kehidupan sehari-hari sebagai anggota keluarga, sekolah, dan masyarakat.

 

C. Kegiatan akhir (10 menit)

1.      Peserta didik Bersama guru membuat kesimpulan pada pembelajran hari ini

2.      Peserta didik mengerjakan soal evaluasi untuk mengukur ketercapaian kompetensi setelah pembelajaran berakhir

3.      Guru memberi motivasi dan Apresiasi

4.      Mentup pembelajaran dengan berdo’a dan mengucap salam

 

 

A.    REFLEKSI

Tabel Refleksi untuk Peserta Didik

No

Pertanyaan

Jawaban

YA

TIDAK

1.

Apakah materi pembelajaran hari ini sulit?

 

 

2.

Bagaimana perasaanmu saat mengikuti pelajaran ini?

 

 

3.

Apakah kamu sudah memahami pembelajaran hari ini?

 

 



Tabel Refleksi untuk Guru

 

No

Pertanyaan

Jawaban

1.

Apa kegiatan yang telah saya lakukan pada pembelajaran ini?

 

2.

Apa kegiatan yang belum saya lakukan pada pembelajaran ini?

 

3.

Apa kesulitan yang dialami peserta didik dalam pembelajaran ini?

 

4.

Hal apa yang akan saya lakukan untuk membantu peserta didik yang kesulitan?

 

B.     ASESMEN/PENILAIAN

1.      Asesmen Diagnostik

2.      Asesmen Formatif

3.      Penilaian Keterampilan: Presentasi hasil kerja kelompok (rubrik terlampir)

C.    PENGAYAAN/REMEDIAL

Pengayaan

Peserta didik yang telah mencapai KKTP dalam evaluasi penilaian harian akan mengulas kembali materi yang telah dipelajari dan diberikan materi tambahan untuk menambah wawasan.

Remedial

Berdasarkan hasil evaluasi penilaian harian, bagi peserta didik yang belum mencapai KKTP pada capaian pembelajaran, akan diberikan penilaian ulang (remedial) sehingga memiliki pemahaman dan keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

D.    LAMPIRAN

1.      Bahan Ajar

2.      Media

3.      LKPD

4.      Penilaian

5.      Glosarium

6.      Daftar Pustaka

 

Mengetahui,

Guru Pamong

 

 

Yesi Anita S.Pd, M.Pd

NIP.

 

 

 

 

 

Padang, April 2025

Guru Model

 

 

Aura Izzatul Jannah

NIM. 23129013

 

 

 

















 

 













LAMPIRAN MEDIA AJAR

1.      Power Point (PPT)

Gambar PPT

 

Link PPT :

https://www.canva.com/design/DAGSTaDGyZ8/lxjZHtI_LvxcHead_jtpcQ/edit? utm_content=DAGSTaDGyZ8&utm_campaign=designshare&utm_medium=lin k2&utm_source=sharebutton

 

2.     
Video Pembelajaran

 

Link video:

https://youtu.be/M3tVm5RON6k?si=wZrYI5U_8jO85C3f


 



 










 





 


KISI-KISI SOAL EVALUASI

Kelas/ Semester           : 5/I

Mata Pelajaran            : Pendidikan Pancasila

Materi                          : Penerapan norma dalam kehidupanku

 

Aspek Penilaian

Level Kognitif

Indikator

Bentuk Soal

Nomor Soal

Pemahaman terhadap norma

C4

Mampu menganalisis norma, hak, dan kewajiban dalam situasi tertentu

Pilihan ganda

1, 2, 3, 4,

5

Mampu mengevaluasi dampak

 

C5

Mampu mengevaluasi dampak pelanggaran norma terhadap individu dan masyarakat

Pilihan ganda

 

6, 7, 8

Mampu memberikan solusi

C5

Mampu memberikan solusi yang tepat terhadap permasalahan yang ada

Pilihan ganda

9, 10


SOAL EVALUASI

Nama                          :

Hari/Tanggal              :

Mata Pelajaran          : Pendidikan Pancasila

Kelas                           : 5

 

 

 

 

 


Kerjakanlah Soal Berikut!

Perhatikan gambar berikut ini dengan baik, lalu jawablah soal dibawahnya dengan memberikan tanda silang (X) pada jawaban yang benar!

 

1.      Seorang siswa tidak mengerjakan tugas sekolah karena lebih memilih bermain. Apa kewajiban yang dilanggar?

A.     Belajar dengan giat

B.     Menghormati teman

C.     Membantu orang tua

D.     Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler

 

2.      Di sekolah, seorang siswa selalu berkata kasar kepada temannya. Apa norma yang dilanggar siswa tersebut?

A.      Norma hukum

B.       Norma kesusilaan

C.       Norma agama

D.      Norma kesopanan

 

3.      Dalam suatu acara adat, seorang remaja tidak mengenakan pakaian sesuai dengan adat. Apa yang dilanggar?

A.      Hak untuk berekspresi

B.       Norma kesopanan

C.       Kewajiban untuk menghadiri

D.      Hak untuk memilih

 

4.      Seorang anak tidak diizinkan pergi bermain oleh orang tuanya karena harus belajar. Apa hak yang dimiliki anak tersebut?

A.      Hak untuk bermain

B.       Hak untuk belajar

C.       Hak untuk mendapatkan perhatian

D.      Hak untuk beribadah

 

5.      Seorang warga selalu memarkir kendaraan di tempat yang dilarang. Apa dampak pelanggaran ini terhadap masyarakat?

A. Meningkatkan keselamatan

B.  Mengganggu akses jalan

C.  Menambah jumlah kendaraan

D. Membuat jalan menjadi lebih luas

 

6.      Jika seorang siswa tidak mengikuti aturan sekolah mengenai kebersihan, apa dampak yang mungkin terjadi?

A.      Sekolah menjadi lebih bersih

B.       Teman-teman merasa nyaman

C.       Lingkungan sekolah menjadi kotor

D.      Semua siswa merasa senang

 

7. Seorang remaja yang mengabaikan peraturan lalu lintas saat berkendara dapat menyebabkan:

A.      Keselamatan meningkat

B.       Kemacetan yang lebih sedikit

C.       Kecelakaan lalu lintas

D.      Peraturan dilanggar

 

8.      Apa yang harus dilakukan jika seseorang melihat pelanggaran hak di masyarakat, seperti anak tidak mendapatkan pendidikan?

A.      Membiarkannya

B.       Mengadukannya kepada pihak berwenang

C.       Mengabaikannya

D.      Mendorong pelanggaran lebih lanjut

 

9.      Jika seorang siswa sering terlambat ke sekolah, solusi yang tepat adalah:

A.      Menghukum siswa tersebut

B.       Membicarakan dengan orang tua siswa

C.       Menyalahkan teman sekelas

D.      Mengabaikan masalah tersebut

 

10.  Dalam sebuah rapat desa, warga sepakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Apa kewajiban yang harus dipatuhi oleh warga?

A.      Membayar pajak

B.       Menjaga kebersihan lingkungan

C.       Menghadiri semua acara desa

D.      Mengajukan keluhan

KUNCI JAWABAN SOAL EVALUASI

 

1.      A

2.      B

3.      B

4.      A

5.      B

6.      C

7.      C

8.      B

9.      B

10.  B


PENILAIAN DAN EVALUASI

Satuan Pendidikan           : SDN 05 Koto Baru, Dharmasraya

Kelas/semester                : 5 / 1 (satu)

Mata Pelajaran                 : Pendidikan Pancasila

Materi Pembelajaran        : Penerapan Norma Dalam Kehidupanku

Rubrik Penilaian Sikap

Profil Pelajar

Pancasila

Kriteria

Mulai Berkembang

Sedang Berkembang

Berkembang Sesuai Harapan

Sangat Berkembang

Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang MahaEsa

Belum memahami dan menghargai perasaan dan sudut pandang orang dan/atau kelompok lain.

Mulai memahami dan menghargai perasaan dan sudut pandang orang dan/atau kelompok lain

Memahami dan menghargai perasaan dan sudut pandang orang dan/atau kelompok lain.

Sudah sepenuhnya mampu dalam memahami dan menghargai perasaan dan

Sudut pandang orang dan/atau kelompok lain

Mandiri

Belum menguasai emosi pada tempat dan situasi yang tepat. Cenderung bertindak sesukanya dan tidak memperhatikan Umpan balik yang diberikan.

Cukup menguasai emosi pada tempat dan situasi yang tepat. Cenderung bertindak sesukanya dan tidak memperhatikan Umpan balik yang diberikan.

Dapat menguasai emosi padatempat dan situasi yang tepat. Cenderung bertindak sesukanya dan tidak memperhatikan umpan balik yang diberikan.

Sudah sepenuhnya mampu dalam menguasai emosi padat empat dan situasi yang tepat.Cenderung bertindak sesukanya dan tidak

memperhatikan umpan balik yang diberikan.

Bernalar kritis

Belum sepenuhnya mampu mengemukakan atau Menyetujui atau menyangkal suatu ide atas dasar penalaran logis.

Cukup mampu mengemukakan                                                                                      atau  menyetujui                                           atau

menyangkal suatu ide atas dasar penalaran logis.

Dapat mampu mengemukakan atau menyetujui atau menyangkal suatu ide atas dasar penalaran logis

Sudah sepenuhnya mampu mengemukakan atau menyetujui atau menyangkal

suatu ide atas dasar penalaran logis.

 

 

 

PENILAIAN SIKAP

No

Nama Peserta Didik

Profil Pelajar Pancasila

 

 

Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Mandiri

Bernalar Kritis

4

3

2

1

4

3

2

1

4

3

2

1

1.

Alrascha Davie Ardiaz

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Aqila Albasit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

Arka Naufal Rafif Syafei

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

Attaya Mecca Rafani

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

Bilqis Isra Anzalna

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.

Daffa Arkan Candra

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7.

Faeyza Alshakeel Fadhillah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8.

Falisha Inaaya Aditya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9.

Felisha Naila Arisco

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10.

Gibran Radian Adli

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11.

Hazzam Omera Akio

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12.

Kanaya Fourzwi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13.

Keyvand Arfa Syafla

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14.

Khanza Almira Afiz

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15.

Lashira Salshabilla Syani

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16.

Muhammad Dzaki

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

17.

Muhammad Omar Artana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

18.

Naifa Anindya Amuri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

19.

Naura Alikha Fiqri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

20.

Navisha Farzana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

            

Petunjuk : Guru memberikan tanda (√) pada setiap kriteria sesuai dengan nilai karakter yang muncul dari peserta didik.

 

PEDOMAN PENSKORAN

Penentuan nilai N =  × 100

Keterangan

SAB (Sangat Berkembang)           = 91- 100

BSH (berkembang sesuai harapan)                     = 81- 90

SB ( sudah berkembang)                  = 71- 80

MB (masih berkembang ) = ≤ 70

 


PENILAIAN PENGETAHUAN

Rubrik Penilaian Lembar Kerja Diskusi Kelompok

Komponen Penilaian

Baik Sekali

Baik

Cukup

Perlu Bimbingan

4

3

2

1

Ketepatan

menjawab

penjumlahan satuan dan satuan

Semua dijawab

dengan

benar.

 

Ada 1

jawaban

yang tidak

tepat

 

Ada lebih dari 2

jawaban

yang tidak

tepat

 

Semua jawaban yang dijawab tidak tepat

Memberikan

tanggapan

Atau komentar

dari jawaban teman

Semua siswa

memberikan

komentar

 

Sebagian besar siswa

memberikan

komentar

 

Sebagian kecil siswa

memberikan

komentar

 

Tidak ada

siswa yang

memberikan

komentar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Penilaian Kerja Diskusi

No

Nama Peserta Didik

Semua soal dijawab benar (4)

1 soal dijawab salah (3)

Ada beberapa yang salah (2)

Semua jawaban belum tepat (1)

1.

Alrascha Davie Ardiaz

 

 

 

 

2.

Aqila Albasit

 

 

 

 

3.

Arka Naufal Rafif Syafei

 

 

 

 

4.

Attaya Mecca Rafani

 

 

 

 

5.

Bilqis Isra Anzalna

 

 

 

 

6.

Daffa Arkan Candra

 

 

 

 

7.

Faeyza Alshakeel Fadhillah

 

 

 

 

8.

Falisha Inaaya Aditya

 

 

 

 

9.

Felisha Naila Arisco

 

 

 

 

10.

Gibran Radian Adli

 

 

 

 

11.

Hazzam Omera Akio

 

 

 

 

12.

Kanaya Fourzwi

 

 

 

 

13.

Keyvand Arfa Syafla

 

 

 

 

14.

Khanza Almira Afiz

 

 

 

 

15.

Lashira Salshabilla Syani

 

 

 

 

16.

Muhammad Dzaki

 

 

 

 

17.

Muhammad Omar Artana

 

 

 

 

18.

Naifa Anindya Amuri

 

 

 

 

19.

Naura Alikha Fiqri

 

 

 

 

20.

Navisha Farzana

 

 

 

 

 

Skor Penilaian
N =  × 100

Keterangan

A (Amat baik)           = 91- 100

B (Baik)                     = 81- 90

C (Cukup)                  = 71- 80

D (Perlu Bimbingan) = ≤ 70

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

GLOSARIUM

1.      Norma

 Aturan atau pedoman yang mengatur perilaku seseorang dalam masyarakat agar tercipta ketertiban dan keharmonisan.

2.      Hak

Sesuatu yang berhak diperoleh atau dimiliki seseorang sebagai anggota keluarga, sekolah, atau masyarakat.

3.      Kewajiban

Tugas atau tanggung jawab yang harus dipenuhi seseorang terhadap lingkungannya.

 

4.      Dampak

Pengaruh atau akibat yang ditimbulkan oleh suatu tindakan atau peristiwa.

 

5.      Solusi

Cara atau langkah yang diambil untuk menyelesaikan suatu masalah.

 

6.      Capaian Pembelajaran

Kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman belajar peserta didik.

 

7.      Metode Pembelajaran

Merupakan cara yang dilakukan guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan.

 

8.      Model Pembelajaran

Kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar.

 

9.      Pelajar Pancasila

Perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

 

10.  Pengayaan

Kegiatan yang diberikan kepada peserta didik kelompok cepat agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal dengan memanfaatkan sisa waktu yang dimilikinya.

 

11.  Refleksi

Aktifitas pikir dan rasa dalam rangka menilai situasi diri atau situasi lingkungan untuk menumbuhkan kesadaran yang lebih baik dalam mengaktualisasikan diri.

 

12.  Tujuan pembelajaran

Gambaran proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan capaian pembelajaran

 

13.  Asesmen diagnostik

Asesmen yang dilakukan pada awal tahun ajaran guna memetakan kompetensi para peserta didik agar mereka mendapatkan penanganan yang tepat

 

14.  Asesmen formatif

Pengambilan data kemajuan belajar yang dapat dilakukan oleh guru atau peserta didik dalam proses pembelajaran

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Indra, A.D., Azis, A., & Dewi L.G.M.W. (2023). Pendidikan Pancasila untuk SD Kelas V. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GEJALA DAN PENCEGAHAN VIRUS CORONA

CARA PENCEGAHAN VIRUS CORONA